Chat with us, powered by LiveChat
DUNIA 

6 Hal yang ‘Buktikan’ Bumi Ini Datar, Menurut Kaum Bumi Datar

DilarangMasuk – Kaum Bumi Datar memiliki pendapat sendiri mengenai bentuk Bumi. Padahal banyak ahli telah memberikan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Bumi kita ini memiliki bentuk bulat, seperti planet-planet lain yang mengelilingi Matahari.

Bahkan beberapa anggota Kaum Bumi Datar pernah melakukan beberapa hal, seperti meluncurkan roket atau mengadakan ekspedisi ke Antartika, untuk membuktikan pendapat mereka.

Lalu kenapa mereka begitu yakin terhadap teori Bumi datar? Berikut enam hal yang, menurut penganut teori Bumi datar, membuktikan bahwa Bumi ini tidak bulat, tapi datar, sebagaimana dikutip dari IFL Science.

1. Pemandangan ufuk langit tidak lengkung

Rapper B.o.B adalah seorang penganut Bumi datar yang sering berpendapat bahwa datarnya ufuk langit sebagai bukti utama bentuk Bumi datar.

B.o.B juga pernah mengunggah sebuah foto dirinya sendiri di atas sebuah bukit dengan latar belakang kota ke Twitter-nya. Di foto itu ia menulis: “Kota di belakang kurang lebih berjarak 16 mil (25,7 kilometer). Di mana lengkungannya? Tolong jelaskan hal ini.”

Namun B.o.B sepertinya lupa bahwa Bumi memiliki rata-rata diameter 12.742 kilometer. Artinya ukuran Bumi yang sangat besar membuat kita tidak bisa melihat langsung dari permukaan Bumi.

Bayangkan seekor semut di atas bola basket yang memiliki diameter 1.000 meter. Tentu semut tidak akan bisa melihat lengkungan dari bola tersebut.

Teorinya, kita bisa melihat sedikit lengkungan di ufuk langit saat sedang berada di pesawat yang terbang di ketinggian di atas 10.600 meter. Namun untuk bisa melihatnya kita tetap memerlukan jarak pandang yang luas.

2. Belum pernah ada yang pernah melewati Dinding Antartika

Ada beberapa faksi dalam kaum Bumi datar yang mengklaim bahwa Antartika adalah sebuah dinding es raksasa yang menjaga kita agar tidak jatuh. Jadi untuk mendukung teori Bumi datar, para penganut Bumi datar mengklaim tidak ada yang pernah melintasi benua es tersebut.

Nyatanya, manusia pernah melintasi Antartika. Bahkan ada tempat di Antartika ditemukan sebuah gubuk radio, bekas laboratorium Uni Soviet, dan patung Vladimir Lenin.

Memang untuk melintasi Antartika bukan perkara mudah. Bahkan penjelajah senior dan juga mantan tentara Henry Worsley meninggal pada 2016 saat berusaha melintasi Antartika.

3. Bumi tidak bergerak

Penganut Bumi Datar menganggap bahwa Bumi tidak bergerak sama sekali. Padahal sekarang saja Bumi berotasi dengan kecepatan 1.600 kilometer per jam.

Lalu kenapa kita tidak merasakannya? Untuk mudahnya bayangkan kita berada di dalam pesawat yang bergerak 926 kilometer per jam. Biasanya kita akan bisa merasa stabil di dalamnya, kecuali saat pesawat mendarat atau lepas landas. Kita bisa berjalan di dalam kabin, menuang minuman, atau pergi ke toilet.

Hal yang sama juga terjadi saat kita berada di permukaan Bumi. Jadi rotasi Bumi yang konstan membuat kita merasa stabil.

4. Semua foto luar angkasa hasil edit Photoshop

Ini merupakan pendapat para kaum Bumi datar ketika diperlihatkan gambar-gambar Bumi yang diambil oleh astronaut dari luar angkasa.

Gambar-gambar yang diambil memang bukan hasil foto langsung. Mereka adalah gambar yang disusun menggunakan data asli dan sering kali ditambahkan warna untuk mengilustrasi, meningkatkan, atau menggarisbawahi fitur-fitur tertentu.

Namun bukan berarti tidak ada foto berwarna asli atas Bumi kita. Lihat saja gambar AS17-148-22727 atau yang dikenal dengan nama The Blue Marble. Gambar itu diambil pada 7 Desember 1972 menggunakan kamera Hasselblad 70 milimeter dari jarak sekitar 29 ribu kilometer dari Bumi.

5. Menurut penglihatan saya, Bumi ini datar 

Pendapat menggunakan argumen bahwa indra diri sendiri merasa bahwa Bumi ini datar dikenal juga sebagai Metode Zetetic. Metode tersebut berbeda dengan metode sains. 

Dalam Metode Zetetic orang mempercayai bahwa pancaindra mereka benar dan bahwa semua pengetahuan mengenai dunia nyata harus didapat melalui pengamatan sendiri.

Jadi berdasarkan Metode Zetetic, karena penganut Bumi datar “merasa dan melihat” bahwa Bumi ini datar, maka Bumi adalah datar.

Tentu tidak sulit untuk memahami bahwa indra kita sendiri pun tidak bisa selalu dipercayai. Contohnya adalah ilusi optik yang sering kita lihat di internet.

6. Melihat Venus dan Merkurius di malam hari

Ada seorang YouTuber penganut Bumi datar bernama D. Marble yang mengatakan: “Kepada orang-orang yang percaya Bumi bulat, jika Bumi benar-benar bulat bagaimana bisa planet-planet antara Bumi dan Matahari dilihat pada malam hari.”

Mungkin, ia bertanya bagaimana bisa kita melihat Merkurius dan Venus pada malam hari karena ia berpikir mereka akan berada di posisi di mana bagian Bumi yang diterangi Matahari.

Nyatanya kita memang tidak bisa melihat Merkurius dan Venus pada malam hari. Bahkan sangat jarang bisa melihat Merkurius dengan mata telanjang.

Namun kita bisa melihat dua planet tersebut di waktu Matahari terbenam atau baru terbit. Karena mereka tidak selalu berada di antara Matahari dan Bumi.

Sangat penting untuk memahami bahwa planet-planet di tata surya ini tidak berada dalam satu garis sejajar. Tiap planet memiliki jalur orbit dan kecepatan yang berbeda.

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.