Chat with us, powered by LiveChat
LIFE 

6 Bagian Tubuh Ini Mengindikasikan Bahwa Kamu Cerdas

DilarangMasuk – Ada banyak indikator yang sering digunakan sebagai penanda kecerdasan seseorang, semisal hasil tes IQ. Namun menariknya, ada bagian tubuh yang juga bisa menandakan kecerdasan seseorang. Ingin tahu apa saja? Siapkan cermin dan simak artikel berikut!

Kaki yang panjang

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Brown University dan Princeton University menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kaki panjang ketika berumur muda berpotensi memperoleh lebih banyak uang ketika sudah dewasa. Hal ini terjadi karena mereka diklaim lebih pintar. Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan data penduduk di Amerika Serikat serta Inggris, yang menunjukkan indikator berupa tinggi, berat badan, kecerdasan, pengalaman pendidikan, serta gaji yang mereka dapat ketika sudah dewasa.

Nah, hasil analisis secara menyeluruh menunjukkan, mereka yang memiliki tubuh lebih tinggi saat masih kanak-kanak ternyata dapat melakukan tes kognitif lebih baik. Tak hanya itu, bahkan data yang didapatkan ketika mereka sudah bekerja pun menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kaki jenjang mendapatkan gaji yang lebih tinggi, didukung dengan kecerdasan verbal dan numerik yang lebih baik. Meski begitu, para peneliti kini masih terus mencari hubungan antara kecerdasan dengan tinggi badan lebih lanjut. 

Ambidextrous dan Kidal

Mereka yang dapat menggunakan kedua tangannya sama mahirnya, serta mereka yang kidal ternyata juga lebih pintar. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Athens menunjukkan bahwa mereka yang lebih mahir menggunakan tangan kiri atau kidal ternyata lebih cerdas. Beberapa percobaan yang mereka lakukan menemukan bahwa mereka yang kidal ternyata memiliki memori yang lebih baik dan juga lebih fleksibel. Beberapa ahli menduga bahwa kemampuan kognitif orang yang kidal dan ambidextrous memang lebih baik karena mereka bisa menggunakan kedua sisi otak dengan maksimal untuk memproses informasi.

Perut rata

Bukan bermaksud untuk menyinggung, namun memiliki lemak yang berlebih pada tubuh memang kurang baik. Selain memiliki pengaruh pada kesehatan fisik (mulai dari tekanan darah tinggi hingga fungsi kognitif), menurut studi yang dilakukan oleh Dr. Maxime Cournot, seorang asisten profesor di klinik epidemiology Toulouse University Hospital, mereka yang memiliki lemak berlebih di daerah perut juga memiliki tingkat memori yang lebih rendah.

Para peneliti di bawah arahan Dr. Maxime berhasil menganalisis sebanyak 2.200 orang dewasa selama lebih dari lima tahun, dan menemukan bahwa seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) 20 atau kurang ternyata bisa mengingat 56 persen dalam tes kosakata. Di sisi lain, mereka yang obesitas dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih ternyata hanya mampu mengingat sebanyak 44 persen saja. Menurut Dr Maxime Cournot, lemak memang dapat merusak sel-sel otak sehingga bisa menurunkan fungsi otak.

Ukuran kepala besar

Memiliki ukuran kepala yang besar ternyata juga bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang cerdas,lho. Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Molecular Psychiatry, yang meneliti sebanyak 500 ribu orang Inggris, menunjukkan bahwa mereka yang memiliki ukuran kepala lebih besar ternyata memiliki skor lebih tinggi pada tes penalaran verbal dan numerik.

Jari tangan yang panjang

Coba perhatikan kembali jari-jari tanganmu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bath di Inggris, panjang jari tangan ternyata juga dapat mengindikasikan tingkat kepintaran seseorang. Pada perempuan, jari telunjuk yang sama panjang dengan jari manis menunjukkan bahwa perempuan tersebut cenderung lebih cerdas. Sedangkan pada pria, mereka yang memiliki jari telunjuk yang lebih pendek biasanya lebih pintar dalam hal numerik dan matematika.

Telinga yang lebih panjang

Studi terbaru yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa anak-anak bertelinga lebih panjang dan umumnya lebih mencuat keluar memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak lain dengan telinga berukuran umum. Nah, bagaimana dengan kamu? Adakah salah satu indikator di atas yang sesuai dengan tubuhmu, dear?

SUMBER

Written by 

Related posts

One Thought to “6 Bagian Tubuh Ini Mengindikasikan Bahwa Kamu Cerdas”

  1. Apa ini benar ? Soalnya ada beberapa bagian tubuh saya yang masuk dalam kriteria tsb seperti paha besar dan jari tangan panjang. Berarti saya termasuk cerdas dong hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.